sainsdata.pens.ac.id – Lembaga Sertifikasi Profesi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (LSP – PENS) mengadakan program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2024 pada hari Minggu, tanggal 29 September 2024. Sertifikasi kompetensi merupakan salah satu program dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Melalui program ini para peserta akan mendapatkan sertifikat dari BNSP sesuai dengan kompetensi yang diujikan. Sertifikat tersebut akan berlaku selama tiga tahun sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

Sebanyak kurang lebih 30 mahasiswa prodi Sains Data Terapan PENS ambil bagian untuk mengikuti ujian sertikom tahun ini, pada Skema Sertifikasi Okupansi Ilmuan Data (Data Scientist). Kegiatan ujian Sertikom ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang dimulai sejak dua hari sebelum Ujikom dilaksanakan. Diawali dengan kegiatan pembekalan untuk mahasiswa SDT yang diampu oleh dosen pengajar Bpk. Isbat Uzzin Nadhori, S.Kom, MT, pada tanggal 27 dan 28 September 2024.

Dalam pelaksanaan Uji Kompetensi, mahasiswa diuji oleh dua Asesor yaitu Bpk. Ronny Susetyoko, S.Si, M.Si dan Ibu Entin Martiana Kusumaningytas, S.Kom, M.Kom. Uji Kompetensi ini diadakan di ruang Lab. Analisis & Pemodelan Data (SAW 07.06) PENS. Selama Ujian berlangsung mahasiswa diuji untuk membuat project yang bisa diaplikasikan dalam dunia kerja atau usaha. Selain uji skill para peserta Ujikom juga harus bisa melalui tes wawancara dengan Aresor.

Dengan adanya Uji Kompetensi dan Profesi yang diadakan ini, diharapkan para mahasiswa harus bisa memaksimalkan kompetensi yang mereka miliki. Sehingga akan memicu adanya inovasi yang akan meningkatkan nilai mereka di dunia industri maupun dunia usaha.